DATA TAMBAHAN DARI SENSUS PENDUDUK DAN SURVEI PENGAMBILAN SAMPEL


Karakteristik program di atas adalah proses, prosedur, dan persyaratan operasional untuk mengembangkan sistem pencatatan dan sistem statistik vital yang efektif dalam struktur pelaksanaan yang berbeda. Untuk menghasilkan statistik vital yang bermanfaat, data dan informasi tambahan dapat diambil dari sensus penduduk. Data sensus dapat dijadikan sebagai denominator angka-angka vital dalam analisis tentang mortalitas dan kelahiran agar mengetahui tentang status kesehatan masyarakat di daerah terpencil. Sensus kependudukan dapat menjadi sumber data jika sistem pencatatan belum dapat berjalan dengan baik. Data sensus ini dapat dipakai dalam memperkirakan angka fertilitas, mortalitas, dan perkawinan berdasarkan usia. Selain itu, sensus juga mengambil data tentang karakteristik individu, komposisi keluarga, riwayat kesehatan, sosial dan ekonomi, pemanfaatan jasa, dsb.
Koordinasi antara sistem pencatatan sipil dengan program sensus harus dijalin dengan erat. Di sejumlah negara besar, sensus diselenggarakan sekitar 10 tahun sekali. Ada juga beberapa negara yang menyelenggarakan sensus setiap lima atau tujuh tahun sekali. Namun, data akan menjadi tidak berarti jika data tersebut sudah tujuh tahun lewat sejak tanggal pelaksanaan sensus. Selain itu, menyusun informasi untuk membuat laporan memerlukan waktu yang lama. Dari sistem tersebut, data yang perlu digunakan untuk memperkirakan pertumbuhan penduduk secara alamiah, yaitu berdasarkan wilayah geografis.

Menggunakan Survei Pengambilan Sampel untuk Keperluan Pencatatan Sipil dan Statistik Vital
Pembuatan desain survei pengambilan sampel dapat digunakan dalam memperoleh taksiran angka-angka vital. Survei pengambilan sampel sendiri dapat memperkirakan angka mortalitas dan fertilitas. Selain itu, survei tersebut juga dapat memperkirakan angka kematian berdasarkan penyebab, usia, dan jenis kelamin. Lalu, survei pengambilan sampel dapat digunakan dalam melakukan penilaian secara independen terhadap jalannya sistem pencatatan sipil dan statistik vital. Demikian, ada banyak negara yang menggunakan sensus dan survei pengambilan sampel untuk membuat perkiraan statistik vital. Dari survei pengambilan sampel, dapat diperoleh data untuk melakukan analisis tentang perubahan yang terjadi sebelum survei dilakukan. Perubahan adanya pelayanan kesehatan yang baru, program imunisasi atau keluarga berencana dapat menurunkan angka fertilitas. Epidemi atau bancana alam, atau masalah lingkungan, juga dapat berdampak pada angka fertilitas dan mortalitas.

Peralihan sehingga Pencatatan Sipil dan Statistik Vital dapat Mencakup Semua
Lewat program pencatatan sipil yang efektif dapat diperoleh semua daftar peristiwa penting. Menurunnya angka kesuburan dari sistem statistik vital dapat dijadikan indikasi terhadap keberhasilan pelaksanaan program keluarga berencana di daerah tertentu. Imunisasi dan program layanan kesehatan lain yang diberikan secara langsung dapat menyebabkan turunnya angka mortalitas pada ibu dan anak atau jumlah penyakit yang diderita oleh anak. Program pencatatan memiliki dua manfaat, yaitu mengembangkan sistem statistik vital dan mebuat database kependudukan demi kepentingan hukum, sosial, dan ekonomi.

Selama masa transisi dalam pengembangan program pencatatan sipil dan sistem statistik vital, sensus nasional dan survei pengambilan sampel diperlukan guna mendapatkan informasi kependudukan, kesehatan, dan sosial. Supaya cakupan pencatatan sipil dan statistik vital menjadi lengkap dan dapat diandalkan, maka diperlukan pengembangan program dalam hal perbaikan secara menyeluruh dan berjangka panjang, termasuk dengan meninjau kembali dan merevisi secara menyeluruh pada susunan struktural, manajemen, aspek operasi dan pengurusannya.  Agar cakupan di atas dapat tercapai, perlu adanya infrastruktur hukum dan perubahan untuk memulai penyelenggaraan sistem pencatatan sipil dan sistem statistik vital.

Popular posts from this blog

PROSES BELAJAR DALAM PENYULUHAN PERTANIAN

Ruang Kuliahku (Contoh Paragraf Deskripsi)

ETIKA BISNIS dan KEWIRAUSAHAAN