Makalah Kewirausahaan
Latar Belakang
Suatu
usaha bermula dari kreatifitas maka akan terciptalah suatu ide usaha yang
sangat kreatif, menjalankan bisnis kecil atau besar dimulai titik nol. Bukti
mengatakan bahwa usaha besar berawal atau dimulai dari yang kecil merupakan
langkah awal untuk jadi pengusaha besar, dan semua itu diperlukan waktu,
pengalaman, dan cara mengelolanya.
Selain
itu setiap awal usaha pasti mempunyai resiko, keuntungan dan rugi. Banyak
manfaat yang didapat dari memiliki dan mengelola bisnis seperti : Restaurant,
Merchandise dan lain sebagainya. Merupakan salah satu usaha yang bermanfaat
baik dari segi kemandirian dan modal usaha sendiri. Modal usaha yang diperlukan
untuk membuka usaha itu tidaklah sulit hanya saja kita harus mempunyai
kreatifitas dan kemauan untuk mendalami bidang tersebut.
Hal
yang membuat atau mendorong untuk menuangkan ide usaha itu sendiri. Karena
adanya beberapa hal antara lain :
- Keinginan sendiri untuk membuka usaha.
- Membangun usaha sendiri mengelolanya sendiri dan berkeinginan untuk mandiri.
- Memiliki kemampuan dalam mengorganisasikan ide.
- Memiliki naluri usaha.
- Berdedikasi pada bisnis atau usahanya.
Maksud dan Tujuan
Usaha
Maksud dalam pembuatan Makalah
Proposal ini tidak lain untuk memenuhi tugas mata perkuliahan Manajemen
Kewirausahaan ada pun tujuan dalam Tugas Makalah Proposal ini perencanaan
bisnis, yaitu :
- Mengestimasikan pemikiran kita dalam hal perencanaan bisnis yang sangat menjanjikan.
- Merealisasikan teori perkulihaan Manajemen Kewirausahaan dalam praktek lapangan kerja atau berwirausaha sendiri yang sesungguhnya.
- Mengetahui dan memahami seluk beluk tentang kewirausahaan membuka usaha sendiri sebagai modal untuk membangun kreatifitas.
Marketing
Mix
A. Product
v Nama Produk
Produk kami berjenis
Kue, yaitu Brownies yang berisi buah dengan kualitas buah-buahan yang segar dan
manis dan dijamin enak dan lezat rasanya.
v Merk Produk
Untuk nama Brand
usaha kami diberi nama yaitu Kue Brownies Kita ( KBK )
v Kemasan
Dalam produk
yang kami jual ini tidak terlalu sulit untuk pengemasannya hanya dibutuhkan dus
dan cup disesuaikan dengan ukurannya, untuk mempercantik dan membuat produk itu
menarik.
B.
Price
Modal :
Sewa tempat /
kios : Rp. 5.000.000
Alat – alat
perlengkapan : Rp.
3.000.000
( Meja + Kursi +
dll )
Bahan baku : Rp. 2.000.000
Listrik + Telp +
Dll : Rp. 500.000
Gaji Pegawai 1
Bln : Rp. 1.000.000
TOTAL : Rp.
11.500.000
Keuntungan yg
diperkirakan :
1 hr x 25 KBK @
Rp. 20.000 :
Rp. 500.000
1 Bln ( 26 hr )
x Rp. 500.000 : Rp. 13.000.000
Break Even Point
:
Modal / Laba =
11.500.000 / 1.500.000 : 7.6 Bulan
Jadi dengan
penghitungan Keuangan di atas titik balik BEP yaitu 7 atau 8 Bln sudah kembali
modal kita. Jelas ini adalah bisnis yang sangat menguntungkan.
C.
Place
Kami menjual
produk kami ini disekitar tempat yang ramai yang kira – kira orang dapat
melihat toko atau kios kami .
D.
Promotion
Promosi yang
kami lakukan dalam menawarkan produk berawal dari sistem pemasaran dan
penjualan yang sederhana berlangsung dari mulut ke mulut, taster serta menerima
pesanan pada acara-acara tertentu.
Aspek Pasar dan Pemasaran
1.
Segmentation
Sasaran
konsumen dalam bisnis atau usaha kami ini adalah semua masyarakat dalam
dan masyarakat umum, dan sebagai
Wirausaha kami akan selalu berusaha mengembangkan produk kami ini agar dikenal
dan diterima masyarakat.
2. Targeting
Target pasar Utama kami harus mampu bersaing dan mengalahkan produk-produk
yang serupa namun kami menciptakan inovasi dalam produk yang sejenis.
3.
Positioning
Kami memposisikan produk kami ini sebagai produk sederhana namun
mempunyai kualitas rasa yang baik dan berbeda yang mempunyai daya tarik
tersendiri dibangdingkan produk-produk lain yang sejenis, agar menarik konsumen
untuk membelinya.
Kesimpulan
Dan kami Simpulkan bahwa dalam dunia
usaha yang terpenting adalah bagaimana kita bisa memasarkan produk yang kita
pasarkan atau jual yaitu dengan cara menarik perhatian konsumen untuk membeli
produk yang kita tawarkan bahwa produk yang kita tawarkan sesuai dengan
keinginan konsumen dan kualitas yang baik.
Hal ini bertujuan supaya konsumen
Loyality terhadap produk yang ditawarkan, karena konsumen yang puas maka mereka
akan kembali membeli produk yang kita tawarkan dengan sendirinya ini akan
mendatangkan keuntungan bagi suatu usaha kita yang seseuai dengan Misi dan
Target penjualan yang diharapkan.